ANALISIS MODERASI SET KESEMPATAN INVESTASI TERHADAP HUBUNGAN ANTARA KEBIJAKAN DIVIDEN DAN ALIRAN KAS BEBAS DENGAN TINGKAT LEVERAGE PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2007-2009

Juliana, Juliana (2010) ANALISIS MODERASI SET KESEMPATAN INVESTASI TERHADAP HUBUNGAN ANTARA KEBIJAKAN DIVIDEN DAN ALIRAN KAS BEBAS DENGAN TINGKAT LEVERAGE PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2007-2009. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Juliana 115070150 JA.pdf

Download (612kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana set kesempatan investasi mempengaruhi hubungan antara kebijakan dividen dan aliran kas bebas dengan leverage perusahaan. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang Automotive and Allied Products yang pernah membagi dividen dan memiliki saldo ekuitas positif yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Metode pemilihan sampel dilakukan dengan cara non-probability sampling adalah teknik purposive sampling (pengambilan sampel tak acak atau bertujuan) selama periode 2007-2009. Berdasarkan analisis data mengunakan analisis regresi berganda dengan uji t dan uji F. Uji asumsi menunjukkan seluruh data telah lolos dari persyaratan asumsi. Secara parsial, penulis memperoleh kesimpulan bahwa set kesempatan investasi mempengaruhi hubungan antara kebijakan 4 dividen dengan leverage perusahaan dengan tingkat keyakinan 95%. Sedangkan set kesempatan investasi tidak mempengaruhi hubungan antara aliran kas bebas dengan leverage perusahaan dengan tingkat keyakinan 95%, hal ini dimungkinkan kegiatan investasi digunakan manajer untuk kegiatan perquisites, seperti fasilitas kantor yang mewah, mengikuti dinner club, fasilitas rumah dinas, dan sebagainya. Seharusnya digunakan untuk kegiatan investasi. Berdasarkan analisis secara simultan, terdapat pengaruh yang signifikan antara set kesempatan investasi terhadap hubungan antara kebijakan dividen dan aliran kas bebas secara simultan dengan tingkat leverage perusahaan dengan tingkat keyakinan 95%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 04 May 2023 08:47
Last Modified: 04 May 2023 08:48
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39622

Actions (login required)

View Item View Item