MODEL PEMUNCULAN AGRESI REMAJA (Peranan Situasi Sosial, Nilai Pribadi, dan Domain Fungsi Eksekutif Pada Pemunculan Agresi Reaktif Dan Proaktif Remaja Usia 11 – 16 Tahun)

Soetikno, Naomi (2023) MODEL PEMUNCULAN AGRESI REMAJA (Peranan Situasi Sosial, Nilai Pribadi, dan Domain Fungsi Eksekutif Pada Pemunculan Agresi Reaktif Dan Proaktif Remaja Usia 11 – 16 Tahun). Doctoral thesis, Universitas Padjadjaran.

[img] Text (Ringkasan Desertasi)
RINGKASAN DISERTASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan model pemunculan agresi remaja ditinaju dari peranan situasi-situasi sosial, nilai-nilai pribadi, dan domain-domain fungsi eksekutif pada pemunculan agresi reaktif dan agresi proaktif remaja usia 11-16 tahun. Penelitian ini didasarkan pada banyaknya fenomena kasus agresi yang dilakukan oleh remaja. Agresi dapat dilihat dari sifatnya yang reaktif atau yang proaktif. Pemunculan agresi reaktif maupun agresi proaktif remaja dipandang dengan dasar teori biopsikososial melibatkan peranan situasi-situasi sosial, nilai-nilai pribadi, serta domain-domain fungsi eksekutif. Desain penelitian adalah eksplanatori pada 670 siswa dan siswi SMPN berusia 11 sampai 16 tahun. Partisipan penelitian berasal dari wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, DI Yogyakarta, dan Jawa Tengah. Pengambilan data menggunakan empat buat kuesioner yaitu BRIEF-BI, PVQ40, dan konstruksi alat ukur untuk agresi reaktif proaktif remaja dan situasi sosial. Hasil penelitian mendukung model teoretik pemunculan agresi remaja ditinjau dari peranan situasi-situasi sosial, nilai-nilai pribadi, dan domain-domain fungsi eksekutif dengan memenuhi beberapa kriteria goodness of fit yaitu Normal Theory Weighted Least Squares Chi-Square = 854.04 (P = 0.0); Standardized RMR = 0.029 (<0.10); Goodness of Fit Index (GFI) = 0.90; NFI = 0.96 (>0.90); CFI = 0.97 (>0.90). Situasi yang memicu agresi adalah situasi sosial di sekolah, situasi pada media elektronik, dan situasi sosial pada keluarga. Domain fungsi eksekutif yakni kontrol emosi, domain perencanaan, dan monitoring diri berperan pada agresi remaja. Nilai pribadi yang berperan pada agresi reaktif maupun proaktif adalah nilai Achievement, Tradition, dan Universalism. Temuan dari penelitian ini memiliki implikasi praktis dalam penanggulangan agresi yang dilakukan remaja.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Disertasi
Tesis > Pascasarjana
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 10 May 2023 07:57
Last Modified: 10 May 2023 08:05
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39633

Actions (login required)

View Item View Item