Pengaruh Profitabilitas, Pergantian Auditor, Likuiditas, dan Umur Perusahaan terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan

Estevania, Catherine (2023) Pengaruh Profitabilitas, Pergantian Auditor, Likuiditas, dan Umur Perusahaan terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Chaterine Estevania 125190228 JA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah profitabilitas, pergantian auditor, likuiditas, dan umur perusahaan berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan pada perusahaan sektor bahan baku yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2019-2021. Sampel dipilih dengan metode purposive sampling terdiri dari 65 perusahaan. Teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi logistik dengan tingkat signifikansi 5% yang dibantu oleh program SPSS 26 dan Microsoft Excel 2016. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pergantian auditor berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, sedangkan profitabilitas, likuiditas, dan umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya melakukan pergantian auditor untuk meningkatkan ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan sehingga perusahaan dapat mempertahankan relevansi informasi yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 12 May 2023 08:46
Last Modified: 12 May 2023 08:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39754

Actions (login required)

View Item View Item