ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEKTOR KONSUMEN PRIMER YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA SEBELUM DAN SAAT TERJADINYA PANDEMI COVID-19

CELINE, CELINE (2022) ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEKTOR KONSUMEN PRIMER YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA SEBELUM DAN SAAT TERJADINYA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Celine 125190268 JA.pdf

Download (510kB)

Abstract

Pandemi COVID-19 telah berdampak masif pada perekonomian dunia, termasuk di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan kinerja keuangan pada perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebelum dan saat pandemi COVID-19. Kinerja keuangan diukur menggunakan 4 rasio, yakni rasio likuiditas (current ratio), rasio leverage (debt to equity ratio), rasio profitabilitas (return on asset), serta rasio aktivitas (total asset turnover). Sampel dalam penelitian ini adalah 64 perusahaan selama tahun 2018 hingga 2021 menggunakan metode purposive sampling. Pengolahan data menggunakan alat bantu aplikasi IBM SPSS Statistic 26. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan saat terjadinya pandemi COVID-19 pada rasio leverage (debt to equity ratio) dan rasio aktivitas (total asset turnover). Berbeda dengan hasil pada rasio likuiditas (current ratio) dan rasio profitabilitas (return on asset) yang menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan saat terjadinya pandemi COVID-19. Implikasi dari penelitian ini adalah perusahaan diharapkan dapat memberi perhatian pada strategi penjualan untuk meningkatkan kinerja keuangan menjadi lebih baik lagi yang akan memberi sinyal positif bagi investor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 12 May 2023 09:10
Last Modified: 12 May 2023 09:10
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39756

Actions (login required)

View Item View Item