PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, FINANCIAL PERFORMANCE DAN CAPITAL STRUCTURE TERHADAP EARNINGS MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN SEKTOR ANEKA INDUSTRI, INDUSTRI BARANG KONSUMSI, DAN INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2019-2021

Stephanie, Fedella (2022) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, FINANCIAL PERFORMANCE DAN CAPITAL STRUCTURE TERHADAP EARNINGS MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN SEKTOR ANEKA INDUSTRI, INDUSTRI BARANG KONSUMSI, DAN INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2019-2021. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Fedella Stephanie Suryata 125190005 JA.pdf

Download (563kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh tata kelola perusahaan yang baik, kinerja keuangan, dan struktur modal terhadap manajemen laba pada perusahaan sektor aneka industri, industri barang konsumsi, dan industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2019-2021. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini untuk menentukan sampel penelitian adalah purposive sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 76 perusahaan dari 217 perusahaan yang terdaftar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dibantu dengan program Eviews versi 12 dan Microsoft Excel 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan tata kelola perusahaan yang baik, kinerja keuangan, dan struktur modal berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa ukuran dewan dan struktur modal berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap manajemen laba. Komisaris independen berpengaruh tidak signifikan terhadap manajemen laba. Kinerja keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 May 2023 04:51
Last Modified: 15 May 2023 04:51
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39798

Actions (login required)

View Item View Item