DETERMINAN DAN KONSEKUENSI INTEGRATED REPORTING DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMERS NON-CYCLICALS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2019-2021

Velicia, Gabie (2022) DETERMINAN DAN KONSEKUENSI INTEGRATED REPORTING DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMERS NON-CYCLICALS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2019-2021. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Gabie Velicia 125190088 JA .pdf

Download (489kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris tentang determinan dan konsekuensi dari integrated reporting disclosure (IRD) pada perusahaan sektor consumers non-cycicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021. Penelitian ini memiliki dua model penelitian yaitu model penelitian determinan dan konsekuensi. Variabel independen yang digunakan pada model penelitian determinan adakah ukuran perusahaan, growth opportunity, dan usia perusahaan. Sedangkan, variabel dependen yang digunakan adalah integrated reporting disclosure. Untuk model penelitian konsekuensi, penelitian ini hanya menggunakan satu variabel independen yaitu integrated reporting disclosure. Variabel dependen yang digunakan adalah harga saham, return on asset, return on equity, dan rasio Tobin’s Q. Model penelitian konsekuensi juga menggunakan lima variabel kontrol yang terdiri dari earning per share, book value per share, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, dan leverage perusahaan. Desain penelitian yang digunakan untuk menguji pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen serta variabel kontrol dalam hubungan tersebut yaitu penelitian deskriptif dengan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 56 sampel perusahaan. Kemudian, untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan model regresi data panel dan analisis korelasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi EViews 12. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa ukuran dan usia perusahaan memiliki hubungan dan pengaruh positif dan signifikan terhadap integrated reporting disclosure. Integrated reporting disclosure juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap rasio Tobin’s Q.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 May 2023 06:38
Last Modified: 15 May 2023 06:38
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39815

Actions (login required)

View Item View Item