FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING SAHAM SAAT INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) PADA PERUSAHAAN SEKTOR BARANG KONSUMEN NON PRIMER

Devi, Grace (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING SAHAM SAAT INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) PADA PERUSAHAAN SEKTOR BARANG KONSUMEN NON PRIMER. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Grace Devi 125190212 JA.pdf

Download (927kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara empiris faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat underpricing yang terjadi pada perusahaan sektor barang konsumen non primer yang melaksanakan penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2021. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 38 data sampel yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Variabel independen penelitian terdiri dari reputasi underwriter, firm size, board size dan profitabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variablel reputasi underwriter memiliki arah hubungan negatif dan berpengaruh signifikan terhadap tingkat underpricing. Variabel firm size dan board size memiliki arah hubungan positif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat underpricing, sementara variabel profitabilitas memiliki arah hubungan negatif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat underpricing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 May 2023 07:12
Last Modified: 15 May 2023 07:12
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39828

Actions (login required)

View Item View Item