ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING PADA SAAT PERUSAHAAN MELAKUKAN INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2019-2021

Christiawati, Irma (2022) ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING PADA SAAT PERUSAHAAN MELAKUKAN INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2019-2021. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Irma Christiawati Nugraheni 125194021 JA.pdf

Download (729kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran dewan komisaris, independensi komisaris, ownership retention, umur perusahaan, dan ukuran perusahaan terhadap tingkat underpricing pada saat perusahaan melakukan initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019-2021. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan dan juga prospektus yang diterbitkan oleh perusahaan IPO. Sampel yang digunakan sebanyak 143 perusahaan, dipilih menggunakan metode purposive sampling. Pengujian menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ownership retention berpengaruh negatif dan signifikan terhadap IPO underpricing, sedangkan variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap IPO underpricing. Sementara untuk variabel ukuran dewan komisaris, independensi komisaris, dan umur perusahaan tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 May 2023 08:03
Last Modified: 15 May 2023 08:03
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39847

Actions (login required)

View Item View Item