PENGARUH LEVERAGE, STRUKTUR MODAL, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAPAT DI BEI TAHUN 2018-2020

Winata, Jimmy (2022) PENGARUH LEVERAGE, STRUKTUR MODAL, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAPAT DI BEI TAHUN 2018-2020. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Jimmy Winata 125180469 JA.pdf

Download (553kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, kebijakan dividen, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2018-2020. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan data valid 39 perusahaan. Teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program Eviews 12 SV Lite dan Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage dan kebijakan dividen tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap perusahaan nilai. Leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan karena perusahaan cenderung mendanai asetnya dengan modal sendiri. Kebijakan dividen tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan karena sebagian besar investor tidak melihat seberapa besar dividen yang dibagikan perusahaan kepada pemegang saham. Ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, artinya semakin besar perusahaan maka semakin rendah nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 May 2023 09:01
Last Modified: 15 May 2023 09:01
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39859

Actions (login required)

View Item View Item