PENERAPAN SISTEM MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (MRP) DALAM MEMINIMUMKAN BIAYA PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PT UNIPA DAYA DI TANGERANG

Basuki, Steve (2012) PENERAPAN SISTEM MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (MRP) DALAM MEMINIMUMKAN BIAYA PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PT UNIPA DAYA DI TANGERANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Steve Basuki 115060289 JA.pdf

Download (197kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan mengevaluasi tentang penerapan material requirement planning (MRP) untuk meminimumkan biaya persediaan pada PT Fastfood Indonesia, Tbk di Jakarta dan mencari pemecahannya. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dan penelitian lapangan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kebijakan perencanaan persediaan bahan baku yang dilakukan PT Fastfood Indonesia, Tbk adalah mengatur jumlah bahan baku yang harus dibeli dan berapa banyak frekuensi pemesanan yang harus dilakukan dalam satu periode tertentu. Biaya yang minimum dalam melakukan pengadaan bahan baku adalah metode Least Total Cost dan Least Unit Cost. Sebaiknya PT Fastfood Indonesia, Tbk lebih baik menggunakan sistem Material Requirement Planning dalam merencanakan dan mengendalikan kebutuhan bahan bakunya setiap bulan. Dalam penggunaan metode Material Requirement Planning diperlukan keterampilan teknis dan menjalankannya dan harus dilakukan oleh tenaga ahli. Oleh karena itu, metode Material Requirement Planning harus dijadikan proses pembelajaran oleh perusahaan, sehingga semua karyawan perusahaan dapat mengerti dengan metode yang digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 16 May 2023 07:04
Last Modified: 16 May 2023 07:05
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39910

Actions (login required)

View Item View Item