PENGARUH STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN BASIC MATERIALS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA SEBELUM DAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Amelita, Melania (2022) PENGARUH STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN BASIC MATERIALS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA SEBELUM DAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Melania Amelita 125190132 JA.pdf

Download (871kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari variabel yang mempengaruhi nilai perusahaan sebelum dan di masa pandemi covid-19 pada perusahaan sektor bahan baku yang terdaftar di BEI selama periode tahun 2018-2021. Sampel diseleksi dengan metode purposive sampling dan data yang valid setelah outlier adalah 30 perusahaan. Metode pengolahan data menggunakan analisis regresi berganda dan uji peringkat bertanda Wilcoxon yang dibantu oleh program SPSS dan Microsoft Excel 2019. Hasil uji sebelum pandemi menunjukkan bahwa ukuran perusahaan mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan struktur modal, profitabilitas, dan kualitas audit tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil uji di masa pandemi menunjukkan bahwa struktur modal, profitabilitas, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan kualitas audit tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil uji beda menghasilkan konklusi bahwa tidak ada perbedaan secara rata-rata nilai perusahaan sebelum dan di masa pandemi covid-19. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya adaptasi dengan keadaan yang tidak menentu dan melakukan strategi pengelolaan keuangan sehingga keputusan yang diambil memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 17 May 2023 03:54
Last Modified: 17 May 2023 03:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39955

Actions (login required)

View Item View Item