PENGARUH INFORMASI KEUANGAN TERHADAP ABNORMAL RETURN SAHAM SESAAT SEBELUM LAPORAN KEUANGAN TERBIT PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Irza, Muhammad (2022) PENGARUH INFORMASI KEUANGAN TERHADAP ABNORMAL RETURN SAHAM SESAAT SEBELUM LAPORAN KEUANGAN TERBIT PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Muhammad Irza Raihan 125180222 JA.pdf

Download (670kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan membuktikan secara empiris pengaruh informasi-informasi keuangan yang berupa rasio terhadap abnormal return saham perusahaan sesaat sebelum laporan keuangan terbit pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan periode penelitian tahun 2012, 2015, dan 2017. Penelitian ini menggunakan petode pengambilan sampel purposive sampling. Total jumlah sampel adalah sebanyak 80 data. Data tersebut didapatkan dari laporan keuangan perusahaan, yang telah dipublikasikan melalui website resmi BEI dan website perusahaan masing-masing. Pengolahan data pada penelitian ini dibantu oleh program Microsoft Excel dan SPSS versi 25.0. Metode analisis regresi linear berganda digunakan dalam penelitian ini. Hasil uji parsial pada penelitian ini adalah earnings per share, current ratio, debt to equity ratio, dan return on equity tidak berpengaruh terhadap abnormal return, sedangkan net profit margin berpengaruh negatif terhadap abnormal return. Hasil uji simultan pada penelitian ini menunjukkan bahwa earnings per share, current ratio, debt to equity ratio, return on equity, dan net profit margin berpengaruh secara signifikan terhadap abnormal return, menandakan adanya indikasi lemah pelepasan informasi lebih awal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 17 May 2023 08:11
Last Modified: 17 May 2023 08:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39967

Actions (login required)

View Item View Item