PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Margaretha, Noviana (2022) PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Noviana Margaretha 125194031 JA.pdf

Download (539kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan perusahaan, profitabilitas, dan umur perusahaan terhadap kebijakan hutang dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, dan sampel yang memenuhi syarat penelitian berjumlah 39 perusahaan. Data penelitian diolah menggunakan aplikasi Eviews 9, dan bantuan Microsoft Excel 2010 dengan teknik analisis regresi linear berganda Moderated Regression Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan, dan umur perusahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan hutang. Sedangkan, profitabilitas perusahaan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kebijakan hutang. Ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi pengaruh pertumbuhan perusahaan, profitabilitas, dan umur perusahaan terhadap kebijakan hutang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 19 May 2023 02:46
Last Modified: 19 May 2023 02:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39986

Actions (login required)

View Item View Item