ANALISIS PENGARUH FAKTOR FRAUD TRIANGLE TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERBANKAN DI INDONESIA PERIODE TAHUN 2017 – 2019

Ricardo, Rico (2022) ANALISIS PENGARUH FAKTOR FRAUD TRIANGLE TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERBANKAN DI INDONESIA PERIODE TAHUN 2017 – 2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Rico Ricardo 125194003 JA.pdf

Download (915kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor kecurangan pada fraud triangle theory terhadap variabel kecurangan laporan keuangan pada perusahaan sektor perbankan di Indonesia. Sampel dipilih dengan menggunakan kriteria yaitu perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di BEI dan tidak melakukan delisting, serta termasuk ke dalam kategori BUKU II, III, dan IV pada tahun 2017 – 2019. Kriteria tersebut memilih 37 bank sebagai sampel yang diproses dengan aplikasi e-Views 12 dan Microsoft excel. Fraud triangle theory memecah tiga faktor kecurangan yaitu tekanan, kesempatan, dan rasionalisasi. Faktor tekanan terdiri atas variabel tekanan eksternal dan target keuangan. Faktor kesempatan dicerminkan melalui variabel pengawasan, dan faktor rasionalisasi dipecah menjadi dua variabel yaitu variabel pergantian auditor & metode akrual. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang signifikan dari variabel independen, kecuali variabel pengawasan dan pergantian auditor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 19 May 2023 07:12
Last Modified: 19 May 2023 07:12
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40015

Actions (login required)

View Item View Item