PENGARUH PENGUNGKAPAN FAKTOR RISIKO DALAM PROSPEKTUS TERHADAP INITIAL RETURN INITIAL PUBLIC OFFERING PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO DI INDONESIA TAHUN 2020 – 2021

Taniel, Sebastian (2022) PENGARUH PENGUNGKAPAN FAKTOR RISIKO DALAM PROSPEKTUS TERHADAP INITIAL RETURN INITIAL PUBLIC OFFERING PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO DI INDONESIA TAHUN 2020 – 2021. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Sebastian Taniel Mulyadi 125190130 JA.pdf

Download (422kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah terdapat pengaruh faktor risiko internal, risiko eksternal, risiko investasi, risiko bisnis. Hasil Awal Penawaran Umum Perdana terhadap initial return IPO pada perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia selama periode 2020-2021. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel purposive sampling dengan data yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 90 perusahaan. Data tersebut diolah menggunakan software SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 21. Hasil dari data yang telah dianalisis dengan menggunakan metode regresi linear berganda menunjukkan bahwa risiko internal, risiko eksternal, dan risiko investasi memiliki hubungan negatif dan berpengaruh signifikan terhadap initial return IPO, sementara risiko bisnis memiliki hubungan positif dan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap initial return IPO.. Implikasi dari penelitian ini adalah kepada setiap perusahaan yang ingin melakukan IPO atau go public, diharapkan agar memberikan informasi yang lengkap dan rinci serta menekankan pada aspek risiko yang harus diperhatian oleh investor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 19 May 2023 08:31
Last Modified: 19 May 2023 08:31
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40026

Actions (login required)

View Item View Item