PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP VOLATILITAS HARGA SAHAM DENGAN STRUKTUR KEPEMILIKAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM INDEKS LQ45 DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PADA PERIODE 2019- 2021

Vallerie, Silvia (2022) PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP VOLATILITAS HARGA SAHAM DENGAN STRUKTUR KEPEMILIKAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM INDEKS LQ45 DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PADA PERIODE 2019- 2021. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Silvia Vallerie 125190061 JA.pdf

Download (549kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh dividend payout ratio dan dividend yield terhadap volatilitas harga saham, dan apakah kepemilikan asing dan kepemilikan domestik dapat memperkuat hubungan kebijakan dividen terhadap volatilitas harga saham pada perusahaan yang terdaftar dalam indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2019–2021. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan sebanyak 25 perusahaan yang memenuhi kriteria. Teknik pengelolahan data menggunakan analisis regresi moderasi dan analisis regresi berganda dengan menambahkan variabel kontrol yaitu firm size, earning volatility, leverage, dan growth in assets yang dibantu oleh program E-views 12 dan Microsoft Excel 2021. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dividend payout ratio dan dividend yield tidak berpengaruh signifikan terhadap volatilitas harga saham, dan kepemilikan asing dan kepemilikan domestik tidak terbukti memperkuat hubungan antara kebijakan dividen terhadap volatilitas harga saham. Tetapi, terdapat hubungan yang signifikan antara volatilitas harga saham dengan earning volatility. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan faktor yang mempengaruhi fluktuasi harga saham sehingga memberikan sinyal positif kepada investor mengenai faktor yang dapat dipertimbangkan dalam mengambil keputusan berinvestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 22 May 2023 03:37
Last Modified: 22 May 2023 03:37
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40041

Actions (login required)

View Item View Item