PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP FINANCIAL DISTRESS DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Cahyadi, Vinny (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP FINANCIAL DISTRESS DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Vinny Cahyadi 125190055 JA.pdf

Download (580kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan leverage terhadap financial distress dengan firm size sebagai variabel moderasi pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021 berdasarkan klasifikasi industri Jakarta Stock Industrial Classification (JASICA). Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang diperoleh adalah 13 perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman dengan total observasi 39 data sampel. Analisis yang digunakan adalah moderated regression analysis (MRA). Data panel pada penelitian ini dianalisis menggunakan Eviews 12 SV. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas dan likuditas tidak berpengaruh signifikan terhadap financial distress, leverage memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap financial distress, serta firm size mampu memoderasi memperkuat pengaruh profitabilitas terhadap financial distress, firm size tidak mampu memoderasi pengaruh likuiditas terhadap financial distress, dan firm size mampu memoderasi memperkuat pengaruh leverage terhadap financial distress.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 22 May 2023 07:24
Last Modified: 22 May 2023 07:24
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40071

Actions (login required)

View Item View Item