PENGARUH DUTA MEREK, KESADARAN MEREK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BRAND NIKE DI JAKARTA

Wibawa, Andreas (2022) PENGARUH DUTA MEREK, KESADARAN MEREK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BRAND NIKE DI JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Andreas Wibawa 115180491 JA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada era modern ini, industri produk olahraga merupakan industri yang terbilang cukup pesat pertumbuhannya. Situasi ini membuat beberapa peluang yang dimanfaatkan oleh produsen produk olahraga untuk memproduksi berbagai jenis produk olahraga, serta berlomba-lomba untuk menjadi brand olahraga ternama. Industri yang kompetitif membuat semua perusahaan produk olahraga memamerkan kualitas, model terbaiknya, bahkan kecanggihan teknologinya. Salah satunya merukapan perusahaan Nike yang menempati peringkat 2 top brand index yang padahal perusahaan Nike merupakan produsen produk olahraga dengan kapitalisasi pasar terbesar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh duta merek, kesadaran merek, citra merek terhadap keputusan pembelian brand Nike di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantittif. Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 242 responden yang diperoleh dari kuesioner goggle form. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Jakarta yang pernah membeli produk Nike. Metode dan analisis yang di pakai dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik analisis partial least square (PLS) yang merupakan bagian dari structural equation modeling (SEM) yang diproses dengan bantuan software SmartPLS 4. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel duta merek, variabel kesadaran merek, variabel citra merek memiliki pengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian brand Nike di Jakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 23 May 2023 03:13
Last Modified: 23 May 2023 03:13
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40104

Actions (login required)

View Item View Item