PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, KREATIVITAS, DAN INOVASI TERHADAP KEBERHASILAN UMKM KEDAI KOPI (COFFEE SHOP) DI JAKARTA BARAT

Lai, Aurel (2022) PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, KREATIVITAS, DAN INOVASI TERHADAP KEBERHASILAN UMKM KEDAI KOPI (COFFEE SHOP) DI JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Aurel Lai 115190309 JA.pdf

Download (939kB)

Abstract

Kedai kopi atau Coffee Shop merupakan salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah yang saat ini sedang trend. Keberhasilan startegi UMKM Kedai Kopi ini harus memiliki strategi yang berimplikasi luas pada kewirausahnaan, kreativitas, serta inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kewirausahaan, kreativitas, dan inovasi terhadap niat wirausaha pada tercapainya keberhasilan UMKM Kedai Kopi di Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengukuran sampel secara purposive sampling mengambil 40 responden pelaku usaha UMKM kedai kopi di Jakarta Barat. Terdapat tiga hipotesis yang akan diuji yaitu keberhasilan pengetahuan kewirausahaan, krativitas, dan inovasi. Metode analisis data yang didapatkan dalam penelitian ini menggunakan PLS-SEM yang dikalkulasi melalui software SmartPLS 3dengan metode uji inner model. Hasil dari penetian ini bahwa terdapat pengaruh positif pada kreativitas wirausahawan dan inovasi sementara pada tidak terdapat pengaruh positif terhadap pengetahuan kewirausahaan. Hasil penelitian ini diharpakan dapat menjadi pengetahuan dalam menajlankan bisnis UMKM terlebihnya di bidang Kedai Kopi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 23 May 2023 07:57
Last Modified: 23 May 2023 07:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40120

Actions (login required)

View Item View Item