PENGARUH BRAND TRUST, BRAND PREFERENCE, DAN BRAND SATISFACTION TERHADAP BRAND LOYALTY PADA PENGGUNA LAPTOP ACER DI JAKARTA BARAT

Calvin, Calvin (2023) PENGARUH BRAND TRUST, BRAND PREFERENCE, DAN BRAND SATISFACTION TERHADAP BRAND LOYALTY PADA PENGGUNA LAPTOP ACER DI JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Calvin 115180578JA.pdf

Download (905kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 yang muncul di Indonesia pada tahun 2019 membuat banyak perubahan yang terjadi di berbagai kegiatan seperti kegiatan belajar mengajar dan kegiatan di perkantoran. Seluruh kegiatan yang tadinya dilakukan secara langsung menjadi dilakukan secara online yang mengakibatkan kebanyakan orang dituntut untuk memiliki perangkat elektronik seperti laptop. Acer yang merupakan salah satu dari produsen laptop mengalami penurunan top brand index (TBI), maka dari itu Acer harus menciptakan produk yang berkualitas baik agar tercipta kepercayaan dan kepuasan konsumen, produk Acer juga harus nyaman pada saat digunakan dan harus terus berinovasi agar meningkatkan preferensi konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh brand trust terhadap brand loyalty, apakah terdapat pengaruh brand preference terhadap brand loyalty, dan apakah terdapat pengaruh brand satisfaction terhadap brand loyalty. Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan metode convenience sampling. Dalam penelitian ini terdapat 200 responden yang berasal dari pengguna laptop Acer di Jakarta Barat. Metode dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah structural equation modeling (SEM) yang diolah menggunakan software SmartPLS 3. Hasil dari penelitian ini adalah brand trust dan brand satisfaction memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty pada pengguna laptop Acer di Jakarta Barat sedangkan brand preference memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap brand loyalty pada pengguna laptop Acer di Jakarta Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Penelitian
Penelitian > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 23 May 2023 08:54
Last Modified: 23 May 2023 08:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40131

Actions (login required)

View Item View Item