PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, ONLINE CUSTOMER REVIEW, DAN BRAND AWARENESS TERHADAP PURCHASE DECISION PELANGGAN SHOPEE DI JAKARTA BARAT

Amanda, Elsa (2023) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, ONLINE CUSTOMER REVIEW, DAN BRAND AWARENESS TERHADAP PURCHASE DECISION PELANGGAN SHOPEE DI JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Elsa Amanda 115190051 JA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Internet tidak hanya digunakan sebagai sarana untuk komunikasi atau mencari informasi, tetapi dapat digunakan sebagai sarana untuk berbelanja. Saat ini, penggunaan internet sudah berubah menjadi gaya hidup bagi masyarakat. Aplikasi belanja online memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat era modern ini. Adanya perkembangan ini membuat transaksi jual beli dapat dilaksanakan tanpa adanya pertemuan antara pembeli dan penjual sehingga lebih efisien. Melalui sebuah situs online yang canggih dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli, serta dapat dijangkau di seluruh dunia. Salah satu aplikasi belanja online yang sering digunakan oleh berbagai kalangan adalah Shopee. Dampak yang dihasilkan dari perkembangan ini adalah perubahan perilaku konsumen dalam menerapkan cara berbelanja yaitu secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris online customer review, social media marketing, dan brand awareness terhadap purchase decision. Sebanyak 100 responden yang merupakan pelanggan Shopee di Jakarta Barat yang menggunakan dan pernah membeli produk di Shopee berhasil dikumpulkan melalui kuesioner online berupa google form dengan teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dan pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling, kemudian data diolah menggunakan metode PLS-SEM. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa online customer review, social media marketing, dan brand awareness memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 24 May 2023 07:23
Last Modified: 24 May 2023 07:23
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40164

Actions (login required)

View Item View Item