PENGARUH FUNCTIONAL VALUE, SOCIAL VALUE, EMOTIONAL VALUE, BRAND AWARENESS TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA DI WILAYAH JABODETABEK

Richard, Ignatius (2022) PENGARUH FUNCTIONAL VALUE, SOCIAL VALUE, EMOTIONAL VALUE, BRAND AWARENESS TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA DI WILAYAH JABODETABEK. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Ignatius Richard Kuswandi 115190179 JA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perilaku masyarakat khususnya di Indonesia pada saat ini mengalami perubahan. Awalnya berbelanja secara konvensional beralih berbelanja secara online. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat marketplace menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Marketplace merupakan platform bisnis berbasis online yang melibatkan transaksi baik antar pihak yang berkaitan. Tujuan diciptakan marketplace untuk memberikan fasilitas berupa interaksi dan kolaborasi bisnis pada platform online. Marketplace yang sering digunakan oleh masyarakat adalah Tokopedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh functional value, social value, emotional value, brand awareness terhadap purchase intention pada marketplace Tokopedia. Penelitian dilakukan dengan melibatkan masyarakat di daerah Jabodetabek yang pernah melakukan transaksi pada marketplace Tokopedia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian tersebut adalah non-probability sampling dengan teknik convinence sampling. Ukuran sampel melibatkan 122 responden. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan kuesioner melalui Google-Form. Teknik analisis menggunakan SEM program SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukan functional value memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Social value memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap purchase intention. Emotional value memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap purchase intention. Brand awareness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadikan pertimbangan marketplace Tokopedia untuk meningkatkan functional value dan brand awareness karena hal tersebut dapat mempengaruhi purchase intention masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 26 May 2023 07:29
Last Modified: 26 May 2023 07:29
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40236

Actions (login required)

View Item View Item