PENGARUH UTILITARIAN DAN HEDONIC VALUE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GRAB DI JAKARTA DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIASI

Chandra, Jimmy (2023) PENGARUH UTILITARIAN DAN HEDONIC VALUE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GRAB DI JAKARTA DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIASI. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Jimmy Chandra 115180186 JA.pdf

Download (624kB) | Preview

Abstract

Di zaman sekarang ini, kemajuan layanan internet berkembang sangat pesat dan memiliki pengaruh terhadap kehidupan sehari-hari manusia, kini muncul berbagai layanan transportasi dan pemesanan online yang membuat kegiatan manusia menjadi lebih mudah baik untuk mobilisasi maupun untuk memenuhi kebutuhan harian lainnya, salah satu penyedia layanan ini adalah Grab. Loyalitas merupakan faktor yang berpengaruh terhadap sebuah usaha, memiliki pelanggan yang loyal maka akan mengindikasikan terjadinya pembelian berulang di masa yang akan datang terhadap Grab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji variabel utilitarian dan hedonic value memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan Grab di Jakarta dengan kepuasan pelanggan sebagai mediasi. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan Grab di Jakarta. Sampel yang digunakan adalah 150 responden melalui kuesioner menggunakan SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa utilitarian value tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan namun memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hedonic value memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelnggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Utilitarian dan hedonic value memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 29 May 2023 07:22
Last Modified: 29 May 2023 07:22
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40279

Actions (login required)

View Item View Item