PENGARUH PERCEIVED BENEFIT, PERCEIVED RISK, DAN FINTECH USER TYPE TERHADAP FINTECH ADOPTION INTENTION PADA PENGGUNA LAYANAN PERBANKAN

Angelina, Maria (2022) PENGARUH PERCEIVED BENEFIT, PERCEIVED RISK, DAN FINTECH USER TYPE TERHADAP FINTECH ADOPTION INTENTION PADA PENGGUNA LAYANAN PERBANKAN. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Maria Angelina Chandra 115190188 JA.pdf

Download (631kB)

Abstract

Layanan financial technology (Fintech) akhir-akhir ini memainkan peranan besar dalam kehidupan sehari-hari. Platform Fintech menjadi salah satu elemen terpenting dalam ekonomi dunia yang terdigitalisasi dengan cepat. Meskipun banyak peneliti percaya bahwa Fintech dapat membentuk kembali masa depan industri jasa keuangan, namun ada pula yang skeptis tentang adopsi Fintech karena adanya risiko yang cukup besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perceived benefit, perceived risk, dan fintech user type terhadap fintech adoption intention. Sampel penelitian dikumpulkan melalui survei online terhadap 545 responden yang pernah menggunakan layanan mobile banking dan/atau internet banking. Hipotesis diturunkan dari net valence framework, technology acceptance models, dan innovation diffusion theory serta diuji menggunakan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa perceived risk dan fintech user type berpengaruh signifikan terhadap fintech adoption intention. Sebaliknya, perceived benefit tidak signifikan terhadap fintech adoption intention.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 30 May 2023 03:33
Last Modified: 05 Jun 2023 03:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40309

Actions (login required)

View Item View Item