Pengaruh Pengalaman Pengguna, Promosi Penjualan dan E- service Quality terhadap Loyalitas Pelanggan Shopee di Kota Jakarta

Erry, Martinus (2022) Pengaruh Pengalaman Pengguna, Promosi Penjualan dan E- service Quality terhadap Loyalitas Pelanggan Shopee di Kota Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Martinus Erry Kurniawan 115170113 JA.pdf

Download (915kB)

Abstract

Pada era digital yang terus berkembang ini, hampir semua kebutuhan manusia yang salah satunya kegiatan berbelanja dipermudah dengan adanya toko online di pasar online selain itu ketersediaan informasi yang terus meningkat ini menimbulkan fenomena dimana konsumen sering mengalami masalah kelebihan informasi, yang membuat konsumen sulit untuk mengakses informasi yang dibutuhkan secara akurat. Dengan menyesuaikan aplikasi sesuai dengan perkembangan era, Shopee diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan posisi jumlah kunjungan pelanggan ke Shopee. Selain fitur dalam aplikasi yang relevan, pengalaman pengguna yang baik juga memainkan peran dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Untuk mencapai pengalaman pengguna yang optimal, perusahaan juga harus memperhatikan E- service quality. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji: 1) Pengalaman pengguna dari interaksi pengguna aplikasi shopee (UX) terhadap loyalitas konsumen Shopee. 2) Pengaruh Promosi Penjualan terhadap loyalitas konsumen. Dan 3) Pengaruh E-service quality terhadap Loyalitas Pelanggan. Penelitan ini dapat berguna sebagai referensi bagi Shopee untuk mengukur kualitas aplikasi Shopee dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Pendekatan yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pendekatan kuantitatif. Sampel penilitian ini adalah pengguna Shopee yang berdomisili di Kota Jakarta. Shopee Sampel penilitian ini adalah 100 pengguna aktif Shopee yang berdomisili di Kota Jakarta. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non probability sampling. Analisis data menggunakan metode PLS SEM. Hasil dari penelitian ini adalah pengalaman pengguna berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan namun tidak signifikan. Promosi penjualan berpengaruh positif terhadap loyalitas namun tidak signifikan. E-service quality berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 30 May 2023 03:44
Last Modified: 05 Jun 2023 03:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40310

Actions (login required)

View Item View Item