PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS DAN CONVENIENCE TERHADAP INTENTION TO USE BANK DIGITAL JENIUS DI JAKARTA DIMEDIASI VARIABEL ATTITUDE TOWARD THE SERVICE

Gunawan, Vindi (2023) PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS DAN CONVENIENCE TERHADAP INTENTION TO USE BANK DIGITAL JENIUS DI JAKARTA DIMEDIASI VARIABEL ATTITUDE TOWARD THE SERVICE. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Vindi Gunawan 115190110 JA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi membuat semua industri harus dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Perbankan merupakan salah satu industri yang sedang bergerak menjadi bank digital. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menguji perceived usefulness dan convenience terhadap intention to use bank digital yang dimediasi attitude toward service.Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, sebanyak 215 data responden berhasil didapatkan melalui penyebaran kuesioner secara online menggunakan google form dan data dianalisis menggunakan SmartPLS-SEM. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan (1) Perceived usefulness memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap intention to use, (2) Attitude toward service memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intention to use, (3) Convenience memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intention to use, (4) Perceived usefulness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intention to use, (5) Attitude toward service dapat memediasi perceived usefulness dan intention to use. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa attitude toward service dan convenience dapat meningkatkan intention to use bank digital, namun perceived usefulness tidak dapat meningkatkan intention to use. Oleh karena itu, industri perbankan khususnya yang berfokus pada bank digital dapat memperhatikan faktor-faktor tersebut untuk meningkatkan minat konsumen untuk menggunakan bank digital.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 31 May 2023 09:16
Last Modified: 05 Jun 2023 07:00
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40411

Actions (login required)

View Item View Item