PENGARUH E-COMMERCE , ORIENTASI KEWIRAUSAHA- AN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA BISNIS UMKM DI BIDANG AYAM GEPREK DI JAKARTA BARAT

Valentino, Wilson (2022) PENGARUH E-COMMERCE , ORIENTASI KEWIRAUSAHA- AN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA BISNIS UMKM DI BIDANG AYAM GEPREK DI JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Wilson Valentino 115180584 JA.pdf

Download (373kB)

Abstract

Perkembangan dan kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Kemajuan teknologi yang tak terbendung akan menumbuhkan produk suatu perusahaan hingga menjadi sulit untuk membedakannya satu sama lain. Tekanan persaingan begitu kuat sehingga kinerja bisnis perusahaan secara langsung atau tidak langsung terpengaruh. Untuk meningkatkan kinerja UMKM, pelaku perlu mempertimbangkan dua hal yaitu orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh e-commerce, orientasi pasar, orientasi kewirausahaan terhadap kinerja bisnis UMKM Ayam Geprek di Jakarta Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode tkuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah tpara tpemilik tUKM tAyam tGeprek tdi tJakarta. Teknik tpengambilan tsampel tdalam tpenelitian tini tmenggunakan tmetode tpurposive tsampling. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer. Alat analisis data yang digunakan adalah menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa e- commerce berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis. Artinya penggunaan e- commerce yang baik akan meningkatkan kinerja Ayam Geybok Bang Jarwo, market orientation tidak berpengaruh positif terhadap terhadap kinerja bisnis. Artinyaorientasi pasar belum tentu memberikan kontribusi bagi perusahaan mengenai kinerja Ayam Geybok Bang Jarwo, dan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis. Artinya penggunaan dimensi orientasi kewirausahaan akan memberikan kontribusi yang unik untuk semua tingkatan kinerja Ayam Geybok Bang Jarwo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:48
Last Modified: 05 Jun 2023 02:48
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40424

Actions (login required)

View Item View Item