PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA UKM DENGAN KAPASITAS ABSORPTIF SEBAGAI MEDIASI PADA UKM BIDANG KULINER DI JAKARTA BARAT

W, Zoelyn (2023) PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA UKM DENGAN KAPASITAS ABSORPTIF SEBAGAI MEDIASI PADA UKM BIDANG KULINER DI JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Zoelyn W 115190091 JA.pdf

Download (946kB)

Abstract

Orientasi pasar merupakan kemampuan individu dalam memahami pelanggan dan menghadapi pesaing. Orientasi kewirausahaan merupakan kemampuan individu dalam berinovasi, bertindak proaktif dan mengambil risiko. Kapasitas absorptif merupakan kemampuan individu dalam mengidentifikasi hal baru dan menerapkan ke dalam usaha. Kinerja UKM merupakan kualitas layanan yang diberikan usaha untuk mencapai keunggulan kompetitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UKM dan efek mediasi kapasitas absorptif. Kuesioner penelitian dibuat dengan google form dan disebar secara online terhadap 100 responden yang merupakan pelaku UKM bidang kuliner di Jakarta Barat. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah PLS-SEM yang dikalkulasi melalui software SmartPLS 3 dengan prosedur bootstrapping untuk mengukur tingkat signifikansinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja UKM. Orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UKM. Kapasitas absorptif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UKM. Kapasitas absorptif memediasi secara positif pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja UKM. Kapasitas absorptif memediasi secara positif pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja UKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:42
Last Modified: 05 Jun 2023 03:42
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40435

Actions (login required)

View Item View Item