PENGARUH MANAJEMEN LABA DAN KECURANGAN DALAM AKUNTANSI TERHADAP EFISIENSI INVESTASI DIMODERASI KEINFORMATIFAN LABA MASA DEPAN

Priscilia, Giovani (2022) PENGARUH MANAJEMEN LABA DAN KECURANGAN DALAM AKUNTANSI TERHADAP EFISIENSI INVESTASI DIMODERASI KEINFORMATIFAN LABA MASA DEPAN. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Giovani Priscilia 127211024 JA.pdf

Download (493kB)

Abstract

Tujuan – Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji faktor-faktor efisiensi investasi. Desain/metodologi/pendekatan – Penelitian ini menggunakan 333 data observasi dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018 – 2020. Pengujian menggunakan uji regresi data panel dan moderasi menggunakan aplikasi E-views 12. Temuan – Hasil penelitian ini membuktikan manajemen laba real dengan arus kas operasi, produksi, dan biaya diskresioner memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap efisiensi investasi. Sedangkan kecurangan (dalam konteks perusahaan non-manipulator) tidak memiliki pengaruh signifikan. Untuk variabel moderasi, keinformatifan laba masa depan hanya dapat memoderasi hubungan antara kecurangan dengan efisiensi investasi, selain itu tidak dapat memoderasi variabel manajemen laba. Implikasi praktis – Metode yang dipaparkan untuk memecahkan masalah efisiensi investasi sehubungan dengan implikasi akuntansi pada manajemen laba real dan kecurangan dalam pelaporan keuangan. Orisinalitas/nilai – Penelitian ini berhasil membuktikan hubungan dari kecurangan melalui keinformatifan laba terhadap efisiensi investasi dan merupakan penelitian pertama yang menggunakan keinformatifan laba sebagai variabel moderasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 05 Jun 2023 07:09
Last Modified: 05 Jun 2023 07:09
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40443

Actions (login required)

View Item View Item