ANALISIS JALUR PENGARUH PELAYANAN FISKUS DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PEKERJAAN BEBAS DENGAN KESADARAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris di KPP Pratama Kalideres, Jakarta Barat)

Reynaldo, Reynaldo (2022) ANALISIS JALUR PENGARUH PELAYANAN FISKUS DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PEKERJAAN BEBAS DENGAN KESADARAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris di KPP Pratama Kalideres, Jakarta Barat). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Reynaldo 127202010 JA.pdf

Download (503kB)

Abstract

Pajak adalah sumber APBN terbesar bagi negara Indonesia. Untuk itu, pemaksimalan penerimaan pajak harus ditingkatkan melalui kepatuhan wajib pajak. Beberapa faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak adalah pelayanan fiskus, sanksi pajak, dan kesadaran wajib pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh langsung antara pelayanan fiskus, sanksi pajak, dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Kalideres. Kemudian, penelitian juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh tidak langsung antara pelayanan fiskus dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak melalui kesadaran wajib pajak. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori atribusi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian merupakan seluruh wajib pajak orang pribadi dengan pekerjaan bebas yang terdaftar di KPP Pratama Kalideres. Kemudian sampel penelitian diplih melalui metode hair dan menghasilkan 170 sampel yang dipilih secara acak. Analisis data menggunakan SEM PLS. Hasil penelitian menyatakan bahwa pelayanan fiskus, sanksi pajak, dan kesadaran wajib pajak secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Selanjutnya pelayanan fiskus dan sanksi pajak juga berpengaruh secara tidak langsung terhadap kepatuhan wajib pajak melalui kesadaran wajib pajak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 05 Jun 2023 07:44
Last Modified: 05 Jun 2023 07:44
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40451

Actions (login required)

View Item View Item