PENGARUH MANAJEMEN LABA, LEVERAGE, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Emanuel, Richard (2022) PENGARUH MANAJEMEN LABA, LEVERAGE, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Richard Emanuel 127211022 JA.pdf

Download (798kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh manajemen laba, leverage, dan pertumbuhan penjualan terhadap tax avoidance dan mengetahui secara empiris apakah komisaris independen dapat mempengaruhi hubungan antara variabel independen terhadap variabel dependen pada perusahaan manufaktur bidang barang konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2018-2021. Total sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 180 data sampel, sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian dengan menggunakan random effect model menunjukkan bahwa semua variabel independen yang digunakan dapat memprediksi tax avoidance secara simultan. Hasil uji t dengan menggunakan random effect model menunjukkan bahwa variabel manajemen laba dan leverage tidak berpengaruh terhadap tax avoidance sedangkan pertumbuhan penjualan berpengaruh negatif terhadap tax avoidance. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan komisaris independen tidak dapat mempengaruhi hubungan antara manajemen laba dan leverage terhadap tax avoidance, namun dapat memperkuat hubungan negatif pertumbuhan penjualan terhadap tax avoidance.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 05 Jun 2023 07:51
Last Modified: 05 Jun 2023 07:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40453

Actions (login required)

View Item View Item