ANALISA KEMANDIRIAN FISKAL PEMERINTAH DAERAH PADA PROVINSI SULAWESI BARAT (STUDI KASUS PADA LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH TAHUN ANGGARAN 2017-2021)

Hakim, Amrul (2022) ANALISA KEMANDIRIAN FISKAL PEMERINTAH DAERAH PADA PROVINSI SULAWESI BARAT (STUDI KASUS PADA LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH TAHUN ANGGARAN 2017-2021). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Amrul Hakim 126212051 JA.pdf

Download (333kB)

Abstract

Kemandirian fiskal merupakan indikator utama dalam mengukur kemampuan Pemerintah Daerah untuk membiayai sendiri kegiatan Pemerintah Daerah, tanpa tergantung bantuan dari luar, termasuk dari Pemerintah Pusat. Kemandirian fiskal daerah dapat diketahui dengan menghitung rasio antara pendapatan asli daerah terhadap total pendapatan atau rasio pendapatan transfer terhadap total pendapatan. Oleh karena itu, analisa atas kemandirian fiskal daerah dipandang perlu untuk dilakukan agar kemandirian fiskal daerah bisa dipetakan dan diketahui kondisi kemandirian fiskal tiap-tiap daerah Pada tahun 2020 BPK melakukan reviu terkait dengan kemandirian fiskal pada seluruh pemerintah daerah di Indonesia, hasilnya terdapat 10 provinsi dengan keuangan daerah masuk kategori belum mandiri dan masih bergantung pada transfer dari pusat, salah satu provinsi tersebut adalah Provinsi Sulawesi Barat. Berdasarkan hal tersebut penulis akan melakukan Analisa lebih lanjut untuk masing-masing pemerintah daerah di provinsi Sulawesi Barat dengan perkembangan kemandirian fiskal 5 Tahun Anggaran terakhir. Pengukuran Indeks Kemandirian Daerah pada penelitian ini menggunakan Formula Hunter yang yang telah disesuaikan dengan struktur APBD di Indonesia

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 05 Jun 2023 08:33
Last Modified: 05 Jun 2023 08:33
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40463

Actions (login required)

View Item View Item