ANALISIS DAMPAK PENERAPAN PSAK 72 TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Whisnumurti, Bramantyo (2022) ANALISIS DAMPAK PENERAPAN PSAK 72 TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Bramantyo Whisnumurti 126212045 JA.pdf

Download (261kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan PSAK 72 pada kinerja keuangan perusahaan properti di Indonesia menggunakan rasio keuangan yaitu rasio likuiditas, rasio profitabilitas, dan rasio solvabilitas. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dilakukan dengan menggunakan analisi isi (content analysis) pada catatan atas laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan PSAK 72 membuat kinerja keuangan perusahaan terlihat tidak lebih baik jika dibanding dengan menggunakan sebelum penerapan PSAK 72. Pengaturan pada PSAK 72 membuat pendapatan dari kontrak jangka panjang pada ketiga perusahaan tidak dapat diakui pada tahun 2020. Oleh karena itu, nilai pendapatan tahun 2020 pada masing-masing perusahaan menjadi lebih kecil jika dibanding nilai pendapatan yang diakui sebelum penerapan PSAK 72.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 05 Jun 2023 08:59
Last Modified: 05 Jun 2023 08:59
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40467

Actions (login required)

View Item View Item