ANALISIS PERMASALAHAN IMPLEMENTASI SISTEM APLIKASI KEUANGAN TINGKAT INSTANSI PADA PELAPORAN KEUANGAN BADAN PEMERIKSA KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA

Niki Purwaningsih, Dhita (2022) ANALISIS PERMASALAHAN IMPLEMENTASI SISTEM APLIKASI KEUANGAN TINGKAT INSTANSI PADA PELAPORAN KEUANGAN BADAN PEMERIKSA KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Dhita Niki Purwaningsih 126212055 JA.pdf

Download (898kB)

Abstract

SAKTI merupakan perwujudan penerapan konsep IFMIS pada sisi Pengguna Anggaran yang digunakan sebagai sarana bagi satker dalam mendukung implementasi SPAN. Implementasi SAKTI pada seluruh Kementerian Negara/Lembaga bertujuan antara lain untuk mengatasi masalah-masalah yang muncul akibat penggunaan sistem manual atau sistem yang terpisah-pisah dalam pengelolaan anggaran dan proses akuntansinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan dan kendala yang terjadi pada saat proses pelaporan keuangan sehingga dapat memberikan saran dan masukan kepada penanggungjawab implementasi aplikasi dalam hal ini DJPB agar dapat melakukan perbaikan guna keberhasilan IFMIS di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan studi literatur. Implementasi aplikasi SAKTI pada pelaporan keuangan masih terdapat kendala dan masalah yang menghambat penyusunan dan penyampaian laporan keuangan. Kendala dan masalah dikelompokkan dalam tiga indikator yaitu masalah dilihat dari kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan. DJPB sebagai penanggungjawab aplikasi perlu melakukan sosialisasi yang lebih banyak dan menambah petugas DJPB Pusat dalam hal ini petugas HAI-DJPB dan petugas penyuluh di KPPN.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:42
Last Modified: 06 Jun 2023 02:42
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40473

Actions (login required)

View Item View Item