ANALISIS IMPLEMENTASI PENGUKURAN KINERJA BERBASIS BALANCED SCORECARD (BSC) PADA KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI (KPK) TERHADAP PENANGANAN KORUPSI DI INDONESIA

Febriano, Dicky (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI PENGUKURAN KINERJA BERBASIS BALANCED SCORECARD (BSC) PADA KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI (KPK) TERHADAP PENANGANAN KORUPSI DI INDONESIA. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Dicky Febriano 126212016 JA.pdf

Download (838kB)

Abstract

Kinerja penanganan korupsi suatu negara dapat diinterpretasikan berdasarkan capaian Indeks Persepsi Korupsi (IPK) yang mengukur tingkat persepsi korupsi yang dilakukan pejabat publik maupun politisi suatu negara. Pada tahun 2021, IPK Indonesia mencapai skor 38 dari skala 100 dengan menduduki peringkat 96 dari 180 negara. Peringkat Indonesia masih berada dibawah negara-negara kawasan Asean seperti Vietnam, Timor Leste, Malasyia dan Singapura. Penelitian ini mengkaji dampak pengukuran kinerja penanganan korupsi berbasis balanced scorecard (BSC) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas capaian komponen penyusun IPK. Hasil penelitian menunjukkan kontribusi kinerja KPK berdampak kecil terhadap capaian komponen World Justice Project (WJP) pada IPK. Hal ini dikarenakan lemahnya penegakan hukum korupsi di Indonesia yang dibuktikan dengan capaian sasaran strategis KPK atas peningkatan penegakan hukum korupsi sebesar 84,80% dan capaian efektivitas dan efisiensi penindakan tindak pidana korupsi sebesar 80,26%. Penelitian ini menggunakan metode kausal komparatif bersifat kualitatif deskriptif yang disusun berdasarkan hasil telaah dan analisis terhadap data yang diperoleh peneliti dari hasil dokumentasi pada organisasi terkait.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:47
Last Modified: 06 Jun 2023 02:47
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40475

Actions (login required)

View Item View Item