ANALISIS COST TO SERVE DAN PROFITABILITAS SALURAN DISTRIBUSI MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY BASED COSTING PENJABARAN DENGAN CUSTOMER CLASSIFICATION MATRIX (STUDI KASUS PADA PT. XYZ)

Steven, Kristofer (2022) ANALISIS COST TO SERVE DAN PROFITABILITAS SALURAN DISTRIBUSI MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY BASED COSTING PENJABARAN DENGAN CUSTOMER CLASSIFICATION MATRIX (STUDI KASUS PADA PT. XYZ). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Kristofer Steven 126212068 JA .pdf

Download (683kB)

Abstract

Pendapatan bersih seringkali menjadi tolok ukur penilaian keberhasilan ataupun perkembangan perusahaan, namun banyak perusahaan yang belum sadar perlunya untuk menghitung dan menganalisa tingkat profitabilitas dari tiap saluran distribusi untuk dapat melihat keuntungan bersihnya, kemudian baru dapat memetakan keputusan stratejik yang dapat diambil untuk tujuan pengembangan perusahaan. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisa seberapa besar tingkat biaya untuk menjalankan usaha terhadap tiga saluran distribusi yang dimiliki oleh PT. XYZ, dan kemudian memberikan kesimpulan dan saran kepada PT. XYZ guna memperbaiki profitabilitas perusahaan secara total. Adapun kesimpulannya adalah, saat ini mayoritas penjualan PT. XYZ menggunakan saluran distribusi modern trade, yang dimana memiliki biaya untuk menjalankan usaha yang tinggi, dan hasilnya mendapatkan persentase margin yang lebih kecil. PT. XYZ dapat mulai berganti fokus untuk lebih mengembangkan saluran distribusi general trade, biaya untuk menjalankan usahanya lebih kecil, dan lebih menjanjikan pertumbuhan di masa depan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 06 Jun 2023 04:47
Last Modified: 06 Jun 2023 04:47
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40493

Actions (login required)

View Item View Item