PENGARUH RISIKO LITIGASI, DAN MASA PERIKATAN AUDIT TERHADAP KUALITAS AUDIT DENGAN UKURAN KAP SEBAGAI PEMODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA YANG LISTED DI BEI PADA MASA COVID 2019 – 2021

Sugeng Wiyantoro, Lili (2022) PENGARUH RISIKO LITIGASI, DAN MASA PERIKATAN AUDIT TERHADAP KUALITAS AUDIT DENGAN UKURAN KAP SEBAGAI PEMODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA YANG LISTED DI BEI PADA MASA COVID 2019 – 2021. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Lili Sugeng Wiyantoro 126212053 JA.pdf

Download (581kB)

Abstract

Asimetri informasi antara manajemen dan pemilik perusahaan, membuat manajemen memiliki peluang untuk melakukan beberapa kecurangan. Asimetri informasi dapat diatasi dengan proses audit; auditor diharapkan untuk mendeteksi kesalahan dan kecurangan. Auditor yang melakukan kesalahan dalam proses audit, memiliki resiko mendapatkan tuntutan hukum yang disebut dengan resiko litigasi. Selain itu, masalah independensi auditor adalah posisi sentral dalam literatur audit. Masalah ini sering memicu perdebatan tentang kualitas audit, kualitas audit berkaitan dengan audit tenure Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh risiko litigasi terhadap kualitas audit, pengaruh ukuran KAP sebagai variabel moderasi terhadap hubungan antara risiko litigasi dan kualitas audit, pengaruh masa audit terhadap kualitas audit, dan ukuran pengaruh KAP sebagai variabel moderating pada hubungan antara audit tenure dengan kualitas audit. Penelitian ini menggunakan 117 data laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021 dengan metode purposive sampling. Dengan menggunakan regresi berganda dengan MRA pada software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko litigasi berpengaruh terhadap kualitas audit, ukuran KAP tidak berpengaruh terhadap hubungan antara risiko litigasi dan kualitas audit, masa audit berpengaruh terhadap kualitas audit, ukuran KAP berpengaruh terhadap hubungan antara risiko litigasi dan kualitas audit.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 06 Jun 2023 05:30
Last Modified: 06 Jun 2023 05:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40495

Actions (login required)

View Item View Item