PENGARUH AUDIT EKSTERNAL DALAM EVALUASI KEBERLANGSUNGAN USAHA MELALUI ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MESIN DAN ALAT BERAT YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Pertini, Shandro (2022) PENGARUH AUDIT EKSTERNAL DALAM EVALUASI KEBERLANGSUNGAN USAHA MELALUI ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MESIN DAN ALAT BERAT YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Shandro Pertini 126212028 JA.pdf

Download (483kB)

Abstract

Keberlanjutan usaha merupakan isu yang saat ini diperhatikan perusahaan, yang tidak lepas dari kondisi ekonomi selama pandemi covid19. Di sisi lain, faktor eksternal audit melalui analisis laporan keuangan sebagai bagian dari evaluasi keberlanjutan usaha tersebut sangat berperan penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh peran eksternal audit dalam mengevaluasi keberlangsungan usaha melalui analisis laporan keuangan perusahaan manufaktur sub sektor mesin dan alat berat yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian kuantitatif yang digunakan untuk mengukur besarnya pengaruh antar variabel dengan software Smart PLS, data pengumpulan menggunakan pendekatan kuesioner dengan menggunakan 36 sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran audit eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap laporan keuangan sebesar 62,56%, evaluasi laporan keuangan berpengaruh terhadap kelangsungan usaha sebesar 28,49% secara positif dan signifikan serta peran audit eksternal melalui laporan keuangan berpengaruh terhadap kelangsungan usaha perusahaan manufaktur sub sektor mesin dan alat berat yang terdaftar di BEI sebesar 2,62% secara positif dan signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 06 Jun 2023 07:57
Last Modified: 06 Jun 2023 07:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40555

Actions (login required)

View Item View Item