PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN IFRS, STRUKTUR KEPEMILIKAN PERUSAHAAN, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEANDALAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Empirik pada Perusahaan Perbankan di Jakarta)

Loistianto, Priscilla Meiliza (2014) PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN IFRS, STRUKTUR KEPEMILIKAN PERUSAHAAN, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEANDALAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Empirik pada Perusahaan Perbankan di Jakarta). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Priscilla Meiliza Loistianto 125100530 JA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini ingin memperoleh fenomena tentang pengaruh penerapan Standar Akuntansi Keuangan IFRS, struktur kepemilikan perusahaan, good corporate governance, dan budaya organisasi terhadap keandalan laporan keuangan. Untuk menjawab fenomena identifikasi masalah tersebut akan disusun kerangka pemikiran, hipotesis dengan background theory: Das Kapitalis oleh Karl Marx (1818-1883), Weberian Theory oleh Max Weber (1864-1920), grand teori: Teori Konflik oleh Georg Simmel (1858-1918), Ralf Dahrendorf (1929-2009), Lewis A Coser (1913-2003), middle range theory: berupa Agency Theory oleh Jensen dan Meckling (1976), dan Behavioral Research oleh Wolk dan Tearney (1997:41), application theory: PSAK 2012, Jensen dan Meckling (1976), FCGI dan OECD, Schein (2004), Hofstede (1991), dan Hall (1976). Unit penelitian ini adalah 73 responden staff akuntansi pada perusahaan perbankan di Jakarta. Metode alat analisis menggunakan path analysis atau gabungan antara korelasi dan regresi untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian setelah dilakukan uji validitas, reliabilitas, dan transformasi data ordinal ke data interval menunjukan hasil: (a) penerapan Standar Akuntansi Keuangan IFRS, struktur kepemilikan perusahaan, good corporate governance, budaya organisasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keandalan laporan keuangan, (b) penerapan Standar Akuntansi Keuangan IFRS, stuktur kepemilikan perusahaan, good corporate governance, budaya organisasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keandalan laporan keuangan,sebesar nilai adjusted R square 0,614 atau 61,4% dan sisanya merupakan faktor lain di luar model sebesar 0,386 atau 38,6%. Hasil penelitian ini mempunyai konsistensi dengan seluruh kerangka pemikiran, tinjauan pustaka, dan penelitian terdahulu. Adapun saran untuk penelitian selanjutnya : (a) menambah variabel di luar model penelitian seperti kompetensi staf akuntansi, motivasi, (b) meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi keandalan laporan keuangan dalam perusahaan di bidang yang berbeda, misalnya perusahaan manufaktur, perdagangan, atau yayasan. Kata Kunci : Standar Akuntansi Keuangan IFRS, struktur kepemilikan perusahaan, good corporate governance, budaya organisasi, keandalan laporan keuangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:11
Last Modified: 15 Jun 2023 03:12
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40617

Actions (login required)

View Item View Item