PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, KUALITAS AUDIT, DAN PENERAPAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2010-2012

Adelia, Priskila (2014) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, KUALITAS AUDIT, DAN PENERAPAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2010-2012. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Priskila Adelia 125100030 JA.pdf

Download (315kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah menguji apakah variabel ukuran perusahaan, kualitas audit, dan mekanisme corporate governance, yang diproksikan dengan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen dan komite audit, berpengaruh terhadap variabel manajemen laba. Penelitian ini termasuk penelitian statistical study dengan menggunakan metode survey empiris dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan periode penelitian 2010-2012. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan, kualitas audit, dan mekanisme corporate governance secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap variabel manajemen laba sedangkan secara parsial, hanya variabel mekanisme corporate governance yang diproksikan dengan komisaris independen yang mempengaruhi manajemen laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:28
Last Modified: 15 Jun 2023 03:28
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40618

Actions (login required)

View Item View Item