EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN TERHADAP KINERJA ANGGARAN PADA ORGANISASI NIRLABA (Studi Kasus pada Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat)

Santosa, Rendy (2014) EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN TERHADAP KINERJA ANGGARAN PADA ORGANISASI NIRLABA (Studi Kasus pada Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Rendy Santosa 125090761 JA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sejalan dengan perkembangan masyarakat, berkembang pula organisasi yang disebut organisasi nirlaba, yaitu organisasi yang dalam operasinya tidak berorientasi untuk menghasilkan laba. Organisasi nirlaba perlu memperhatikan laporan keuangannya yang berguna untuk menilai kemampuan organisasi nirlaba. Dalam penelitian ini organisasi nirlaba yang dimaksudkan adalah rumah ibadah umat muslim terbesar seasia tenggara, yaitu Masjid Istiqlal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi sistem pengendalian anggaran pada organisasi nirlaba, (studi kasus pada Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat). Sumber data yang diperolah dalam penelitian ini diambil dari data sekunder berupa data yang bersifat internal dari objek yang diteliti, dalam penelitian ini adalah data berupa anggaran dan realisasi anggaran pada tahun 2011, 2012, dan 2013. Penelitian sistem pengendalian manajemen selama ini biasanya hanya memfokuskan pada organisasi laba atau profit dan jarang sekali peneliti yang mau memfokuskan penelitiannya pada organisasi nirlaba. Beberapa faktor yang mengakibatkan hal tersebut sering terjadi adalah karena tujuan dari organisasi nirlaba yang berbeda dari tujuan organisasi laba atau profit, sulitnya untuk memperoleh data internal yang dimiliki organisasi nirlaba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:40
Last Modified: 15 Jun 2023 03:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40622

Actions (login required)

View Item View Item