ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TIMELINESS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2011-2012

Andika, Reynold (2014) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TIMELINESS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2011-2012. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Reynold Andika 125100135 JA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh bukti empiris mengenai ada tidaknya keterkaitan leverage, profitabilitas, solvabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan, opini auditor, dan reputasi Kantor Akuntan Publik dengan ketepatan waktu pelaporan keuangan (timeliness). Sampel yang dipilih adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2011-2012. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Pengujian diawali dengan uji statistik deskriptif, pengujian asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi). Setelah uji asumsi klasik dilakukan maka dilakukan uji F, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil pengujian secara serentak menunjukkan bahwa leverage, profitabilitas, solvabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan, opini auditor, dan reputasi Kantor Akuntan Publik dapat digunakan untuk memprediksi ketepatan waku pelaporan keuangan (timeliness). Pengujian secara parsial menunjukkan bahwa hanya ukuran perusahaan dan reputasi Kantor Akuntan Publik yang memiliki keterkaitan signifikan secara positif terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan (timeliness), sedangkan leverage, profitabilitas, solvabilitas, likuiditas, dan opini auditor tidak memiliki keterkaitan signifikan dengan ketepatan waktu pelaporan keuangan (timeliness).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:47
Last Modified: 15 Jun 2023 03:48
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40623

Actions (login required)

View Item View Item