PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KOMITMEN ORGANISASI, MOTIVASI PEGAWAI, DAN KOMPETENSI STAF AKUNTANSI TERHADAP KEANDALAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Empirik Pada Perusahaan Perbankan di Jakarta)

Febriany, Winda (2014) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KOMITMEN ORGANISASI, MOTIVASI PEGAWAI, DAN KOMPETENSI STAF AKUNTANSI TERHADAP KEANDALAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Empirik Pada Perusahaan Perbankan di Jakarta). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Winda Febriany 125100804 JA.pdf

Download (942kB)

Abstract

Terdapat dua faktor utama yang menyebabkan terjadinya skandal laporan keuangan yakni: (a) implementasi standar umum, dan (b) implementasi standar pekerjaan lapangan. Adanya ragam perbedaan dan konflik kepentingan menyebabkan akuntan mengalami ambiguitas peran pada standar akuntansi. Penelitian ini bertujuan memperoleh bukti empirik pengaruh gaya kepemimpinan, komitmen organisasi, motivasi pegawai, dan kompetensi staf akuntansi terhadap kendalan laporan keuangan. Untuk menguji fakta empirik tersebut diperlukan diperlukan susunan logika dengan Background Theory: Weberian Theory, Grand Thoery: Georg Simmel (1838-1918), Kalf Dahrendrof (1929-2009), dan Lewis A Coser (1913-2003), Middle Range Theory: Jensen & Meckling (1976), Wolk & Tearney (1997:41), Application Theory: Robbins, & Judge (2007:401): Luthans (1992 : 124): David McCelland; Armstrong, dan Baron (1998:297). Unit penelitian adalah 73 responden pada perbankan di Jakarta. Metode alat analisis menggunakan path analysis atau gabungan antara korelasi dan regresi untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian setelah dilakukan uji vaiditas, reabilitas, dan transformasi data ordinal ke interval manunjukkan hasil: (a) gaya kepemimpinan, komitmen oganisasi, motivasi pegawai, dan kompetensi staf akuntansi berpengaruh signifikan, dan (b) gaya kepemimpinan, komitmen organisasi, motivasi pegawai, dan kompetensi staf akuntansi terhadap keandalan laporan keuangan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan sebesar R square 0.647 atau 64.7% dan sisanya merupakan faktor lain diluar model sebesar 0.363 atau 36.3 %. Hasil penelitian ini mempunyai konsistensi dengan seluruh kerangka pemikiran, tinjauan pustaka, dan penelitian terdahulu. Adapun saran umum untuk penelitian: (a) bagi pengembangan ilmu akuntantansi diperlukan penelitian lanjutan di luar model seperti budaya organisasi, (b) perusahaan perbankan perlu menyusun laporan keuangan supaya andal, harus memperbaiki gaya kepemimpinan, memperbaiki komitmen dalam berorganisasi, meningkatkan motivasi dalam bekerja, dan peningkatan kompetensi staf akuntansi. Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organisasi, Motivasi Pegawai, Kompetensi Staf Akuntansi, Keandalan Laporan Keuangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:32
Last Modified: 15 Jun 2023 06:32
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40639

Actions (login required)

View Item View Item