ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL : SUATU STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI PADA PERIODE 2010-2012

Jonathan, Edwin (2014) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL : SUATU STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI PADA PERIODE 2010-2012. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Edwin Jonathan 125100513 JA.pdf

Download (110kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris dan menganalisis mengenai faktor-faktor (ukuran perusahaan, konsentrasi kepemilikan, kinerja perusahaan, umur perusahaan, dan leverage ) yang mempengaruhi pengungkapan modal intelektual. Penelitian ini dilakukan terhadap 28 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2010-2012. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah model regresi linier berganda. Oleh sebab itu, sebelum melakukan pengujian hipotesis, dilakukan sejumlah pengujian asumsi klasik. Dengan tingkat keyakinan 95%, hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan terbukti mempunyai pengaruh signifikan terhadap pengungkapan modal intelektual, konsentrasi kepemilkan tidak terbukti mempunyai pengaruh signifikan terhadap pengungkapan modal intelektual, demikian pula dengan kinerja perusahaan, umur perusahaan, dan leverage yang juga tidak terbukti mempunyai pengaruh signifikan terhadap pengungkapan modal intelektual. Hendaknya penelitian selanjutnya menggunakan variabel independen faktor eksternal perusahaan dan periode pengamatan yang lebih panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:52
Last Modified: 19 Jun 2023 02:52
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40726

Actions (login required)

View Item View Item