PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2010-2012.

Kurniawan, Hansen (2014) PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2010-2012. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Hansen Kurniawan 125100534 JA.pdf

Download (123kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, dan struktur aktiva terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2012. Penelitian ini menggunakan sampel 40 perusahaan manufaktur yang telah diseleksi dengan menggunakan metode simple random sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu berupa laporan keuangan. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah model regresi linear berganda. Oleh karenanya, sebelum melakukan pengujian hipotesi, perlu dilakukan pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukan bahwa profitabilitas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap struktur modal, ukuran perusahaan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap struktur modal, pertumbuhan penjualan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap struktur modal, dan struktur aktiva mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap struktur modal. Secara simultan, profitabilitas, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, dan struktur aktiva mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap struktur modal. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah sampel, memperpanjang periode penelitian, dan menambah variabel independen lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 19 Jun 2023 06:20
Last Modified: 19 Jun 2023 06:20
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40757

Actions (login required)

View Item View Item