PENGARFUH KOMPETENSI, SKEPTISME PROFESIONAL, INTEGRITAS, DAN OBJEKTIVITAS TERHADAP KUALITAS JASA AUDIT DENGAN BUKTI AUDIT KOMPETEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI EMPIRIK PADA PERUSAHAAN KLIEN KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI JAKARTA)

Linda, Linda (2014) PENGARFUH KOMPETENSI, SKEPTISME PROFESIONAL, INTEGRITAS, DAN OBJEKTIVITAS TERHADAP KUALITAS JASA AUDIT DENGAN BUKTI AUDIT KOMPETEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI EMPIRIK PADA PERUSAHAAN KLIEN KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI JAKARTA). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Linda 125100259 JA.pdf

Download (118kB)

Abstract

Standar auditing selama 10 tahun terakhir mengalami peningkatan pada sisi kuantitas maupun kualitas. Kondisi ini mengindikasikan terjadinya kompleksitas peran auditor sebagai pihak yang independent dalam menciptakan kualitas jasa audit. Terdapat dua faktor utama yang menyebabkan terjadi skandal auditing, yakni : (a ) implementasi standar umum, dan (b) impelementasi standar pekerjaan lapangan. Adanya ragam perbedaan dan konflik kepentingan menyebabkan auditor mengalami ambiguinitas peran standar auditing. Penelitian ini bertujuan memperoleh bukti empirik pengaruh kompetensi, skeptisisme profesional, integritas, dan objektivitas terhadap kualitas jasa audit dengan bukti audit kompeten sebagai variabel moderasi. Untuk menguji fakta empirik tersebut diperlukan susunan logika dengan Background Theory : Social Class Theory Karl Marx (1818-1883), Max Weber (1864-1920), Grand Theory : Conflict Theory George Simmel (1858-1918), Dahrendorf (1929-2009), Coser (1913-2003), Middle Range Theory : Agency Theory Jensen and Meckling (1976 ). Unit penelitian ini adalah 92 responden pada Perusahaan Klien Kantor Akuntan Publik di Jakarta. Metode alat analisis menggunakan path analysis atau gabungan antara korelasi dan regresi untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian setelah dilakukan uji validitas, reliabilitas, dan transformasi data ordinal ke data interval menunjukkan hasil : (a ) kompetensi, integritas, bukti audit kompeten tidak berpengaruh signifikan dengan kualitas jasa audit, sedangkan skeptisisme profesional dan objektivitas berpengaruh signifikan dengan kualitas jasa audit, dan (b) kompetensi, skeptisisme profesional, integritas, objektivitas, bukti audit kompeten terhadap kualitas jasa audit secara simultan berpengaruh positif dan signifikan sebesar nilai adjusted R square 0,977 atau 97,7% dan sisanya merupakan faktor lain di luar model sebesar 0,023 atau 2,3%. Hasil penelitian ini mempunyai konsistensi dengan seluruh kerangka pemikiran, tinjauan pustaka, dan penelitian terdahulu. Adapun saran untuk penelitian : (a ) bagi pengembangan ilmu auditing diperlukan penelitian lanjutan di luar model seperti etika auditor, (b) untuk auditor dalam KAP perlu meningkatkan kinerjanya untuk menghasilkan kualitas jasa audit yang baik, peningkatan kompetensi, peningkatan skeptisisme profesional, peningkatan integritas, peningkatan objektivitas, dan peningkatan kemampuan menemukan bukti audit kompeten. Kata Kunci : Kompetensi, Skeptisisme Profesional, Integritas, Objektivitas, Bukti Audit Kompeten, Kualitas Jasa Audit, Perusahaan Klien KAP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 19 Jun 2023 08:27
Last Modified: 19 Jun 2023 08:27
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40799

Actions (login required)

View Item View Item