Perlindungan Konsumen Atas Beredarnya Berbagai Produk Yang Tidak Mencantumkan Standarisasi Nasional Indonesia. / oleh Candice Atmojo

Atmojo, Candice (2015) Perlindungan Konsumen Atas Beredarnya Berbagai Produk Yang Tidak Mencantumkan Standarisasi Nasional Indonesia. / oleh Candice Atmojo. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANEGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) Nama : Candice Atmojo (B) NIM : 205100066 (C) Judul Skripsi : Perlindungan Konsumen Atas Beredarnya Berbagai Produk Yang Tidak Mencantumkan Standarisasi Nasional Indonesia. (D) Halaman : ix + 95 + 3 halaman Daftar Pustaka + Lampiran; 2015 (E) Kata Kunci : Perlindungan Konsumen dan Standarisasi Nasional Indonesia. (F) Isi: Setiap barang/produk yang beredar di pasar harus mempunyai standar untuk menjamin mutu agar aman untuk para konsumen. Namun ditemukan begitu banyak barang/produk yang beredar di pasar yang tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Produk wajib Standarisasi Nasional Indonesia tentu yang berkaitan dengan keamanan, keselamatan, kesehatan dan lingkungan. Beredarnya berbagai produk/barang wajib Standarisasi Nasional Indonesia yang tidak mencantumkan Standarisasi Nasional Indonesia pada barang/produk tentu meresahkan dan merugikan konsumen. Produk wajib Standarisasi Nasional Indonesia yang tidak mencantumkan Standarisasi Nasional Indonesia tersebut menimbulkan permasalahan dalam hal perlindungan konsumen, permasalahan yang diajukan dalam penulisan ini adalah bagaimana perlindungan konsumen atas beredarnya berbagai macam produk yang tidak mencantumkan Standarisasi Nasional Indonesia yang tentunya sangat merugikan konsumen. Pengawasan tentu diperlukan agar barang yang beredar aman bagi konsumen. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini menggunakan tipe penelitian hukum normatif didukung data wawancara. Direktorat Barang Beredar dan Jasa sebagai pihak yang melaksanakan pengawasan mempunyai cara pengawasan secara berkala dan khusus. Konsumen mempunyai hak atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa. Pelaku usaha yang merugikan konsumen tersebut bertanggungjawab secara tanggung jawab produk (Product Liability). Konsumen dapat memberi informasi mengenai barang/produk yang tidak sesuai ke Direktorat Pengawas Barang Beredar dan Jasa dan dengan adanya perilaku usaha yang tidak bertanggungjawab, konsumen dapat mengadukannya langsung ke YLKI. (G) Daftar Acuan : 31 (2000-2014) (H) Pembimbing : Dr. Susanti Adi Nugroho, S.H., M.H. (I) Penulis : Candice Atmojo

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 11 Jul 2018 09:35
Last Modified: 11 Jul 2018 09:35
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/4080

Actions (login required)

View Item View Item