FAKTOR-FAKTOR PENENTU SIKAP AUDITOR ATAS PRAKTIK CREATIVE ACCOUNTING : Studi Empiris dengan Partial Least Square terhadap Kantor Akuntan Publik di Jakarta

Yuni, Metta (2014) FAKTOR-FAKTOR PENENTU SIKAP AUDITOR ATAS PRAKTIK CREATIVE ACCOUNTING : Studi Empiris dengan Partial Least Square terhadap Kantor Akuntan Publik di Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Metta Yuni 125100582 JA.pdf

Download (295kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh faktor-faktor penentu sikap auditor (penilaian etis, evaluasi auditor atas karakteristik kualitatif laporan keuangan, persepsi auditor atas faktor-faktor yang mempengaruhi pembuat laporan keuangan menggunakan creative accounting dan pengendalian internal ) terhadap sikap auditor atas praktik creative accounting. Penelitian ini merupakan adaptasi dari penelitian yang dilakukan oleh Rabin (2005) & Balaciu, et al. (2012). Pengumpulan data primer dilakukan dengan penyebaran kuesioner sebanyak 140 set dan ditujukan pada supervisor, manajer, dan partner yang bekerja pada 13 kantor akuntan publik yang dipilih dengan metode purposive sampling, dengan tingkat pengembalian sebesar 61,43%. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah structural equation modelling (SEM )dengan pendekatan partial least square (PLS )dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 2. Hasil penelitian yang diperoleh adalah faktor penentu sikap auditor seperti penilaian etis, evaluasi auditor atas karakteristik kualitatif laporan keuangan, persepsi auditor atas faktorfaktor yang mempengaruhi pembuat laporan keuangan menggunakan creative accounting dan pengendalian internal memiliki pengaruh terhadap sikap auditor atas praktik creative accounting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 19 Jun 2023 08:54
Last Modified: 19 Jun 2023 08:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40809

Actions (login required)

View Item View Item