PENGARUH SUNSET POLICY, TAX AMNESTY, DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Empiris di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kembangan)

Huslin, Daniel (2015) PENGARUH SUNSET POLICY, TAX AMNESTY, DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Empiris di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kembangan). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Daniel Huslin 125100053 JA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh sunset policy, tax amnesty, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha dan pekerjaan bebas di KPP Pratama Jakarta Kembangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Wajib Pajak yang terdaftar di KPP Pratama Jakarta Kembangan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang ada di wilayah Kembangan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Metode simple random sampling. Metode Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, koefisien determinasi (uji R ), uji regresi stimultan (Uji F), dan uji regresi parsial (uji t). Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dari hasil uji asumsi klasik tidak terjadi 2 masalah dalam uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji normalitas data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil penelitian analisis data yang diketahui bahwa sunset policy berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hasil uji t menunjukkan nilai t hitung -1,045 > t tabel 2,000 dengan nilai signifikansi (0,299) > 0,05 sehingga H1 ditolak. Tax amnesty berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hasil uji t menunjukkan nilai t hitung 3,654 > t tabel 2,000 dengan nilai signifikansi (0,000) < 0,05 sehingga H2 diterima. Sanksi pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hasil uji t menunjukkan nilai t hitung 3,221 > t tabel 2,000 dengan nilai signifikansi (0,002) < 0,05 sehingga H3 diterima. Variabel sunset policy, tax amnesty dan sanksi pajak dapat digunakan untuk menjelaskan kepatuhan wajib pajak sebesar 21,7% Kata Kunci: sunset policy, tax amnesty, sanksi pajak, dan kepatuhan wajib pajak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 22 Jun 2023 01:48
Last Modified: 22 Jun 2023 01:49
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40873

Actions (login required)

View Item View Item