PENGARUH PEMAHAMAN WAJIB PAJAK, PENGETAHUAN PERPAJAKAN, DAN PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (STUDI EMPIRIS PADA KPP PRATAMA JAKARTA KEMBANGAN)

Natalia, Devira (2015) PENGARUH PEMAHAMAN WAJIB PAJAK, PENGETAHUAN PERPAJAKAN, DAN PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (STUDI EMPIRIS PADA KPP PRATAMA JAKARTA KEMBANGAN). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Devira Natalia 125110460 JA.pdf

Download (869kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh variabel pemahaman wajib pajak, pengetahuan perpajakan, dan pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner di KPP Pratama Jakarta Kembangan. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pemahaman wajib pajak dan pengetahuan perpajakan mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi, sedangkan variabel pemahaman wajib pajak, pengetahuan perpajakan, dan pelayanan fiskus berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi secara simultan. Hasil uji Analisis Koefisien Determinasi sebesar 56,6% menunjukkan kepatuhan wajib pajak orang pribadi dapat dijelaskan oleh variabel pemahaman wajib pajak, pengetahuan perpajakan, dan pelayanan fiskus, sedangkan sisanya sebesar 43,4% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 22 Jun 2023 02:31
Last Modified: 22 Jun 2023 02:31
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40878

Actions (login required)

View Item View Item